• Jelajahi

    Copyright © Blog Dika
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mengenal Berbagai Jenis Kulit Wajah

    Thursday, July 12, 2018, July 12, 2018 WIB Last Updated 2018-07-13T06:15:42Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Wajah merupakan bagian tubuh yang paling sensitive dan rentan mengalami masalah karena sering terpapar sinar matahari, debu, dan kotoran. Perawatannya juga tidak boleh asal dengan memakai sembarang kosmetik. Hal utama yang harus diketahui untuk mendapatkan wajah yang sehat dan terawatt adalah dengan mengenali jenis kulit wajah.

    Sangat penting mengetahui jenis kulit wajah karena bertujuan untuk mengetahui jenis perawatan dan produk apa yang tepat untuk masing-masing jenis kulit tersebut. Seperti yang kita ketahui, setiap orang mempunyai jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Tentu saja, masing-masing jenis kulit membutuhkan perawatan dan penanganan yang berbeda-beda pula. Berikut merupakan lima jenis kulit wajah untuk mengetahui tipe kulit dan perawatannya yang tepat.

    1. Kulit Normal
    Pada umumnya, jenis kulit normal adalah jenis kulit yang sangat baik. Jenis kulit seperti ini memiliki tingkat masalah yang paling kecil dan perawatan yang tidak terlalu sulit. Namun, jangan asal sembarang memilih dan berganti-ganti produk perawatan karena akan menyebabkan iritasi pada kulit. Jenis kulit normal memiliki kadar minyak seimbang, yakni minyak sebanyak 30% dan air sebanyak 70%.

    Kulti normal memiliki ciri-ciri, yakni tekstur wajah kenyal, kulit tidak tipis, kulti tidak kering tapi berminyak, halus dan lembut, kandungan air dan minyak seimbang, kelembapan sangat terjaga, ukuran pori-pori dangat halus dan tidak besar, tanda-tanda penuaan terlihat seiring berjalannya usia, serta pada siang hari wajah masih terlihat bersih dan segar.

    2. Kulit Berminyak
    Masalah utama pada jenis kulit berminyak adalah produksi kelenjar minyak yang terlalu aktif atau berlebih pada permukaan kulit. Biasanya permukaan kulit tampak sangat berminyak dan agak sulit dihilangkan meskipun beberapa kosmetik dan sabun pembersih wajah dapat membantu mengurangi. Namun, penggunaan kosmetik dan sabun pembersih tidak permanen karena kulit akan mengalami kondisi berminyak lagi dalam hitungan jam. Kondisi seperti ini mengakibatkan kotoran dan debu dengan mudah menempel di wajah dan menimbulkan komdeo, jerawat, dan pori-pori besar.

    Akan tetapi, kadar minyak yang berlebih pada kulit juga dapat memperlambat proses penuaan dini. Jika seseorang memiliki jenis kulit berminyak maka ia harus teratur mencuci dan membersihkannya agar tidak mudah muncul jerawat dan komedo.

    Ciri-ciri kulit berminyak adalah kulit terasa berminyak dan mengkilap, tekstur kulit wajah cenderung kasar dan tebal, produksi kelenjar minyak berlebih, ukuran pori-pori terlihat besar dan jelas, mudah berjerawat dan muncul komedo, serta kuli tampak mengkilap dan lengket di siang hari karena minyak berlebih.

    3. Kulit Kering
    Biasanya kulit kering memerlukan pelembab lebih banyak karena cairan yang kurang, disebabkan kelenjar minyak yang kurang aktif di permukaan kulit. Kulti kering sangat mudah mengalami iritasi. Pada beberapa orang, kondisi kulit kering sangat tidak nyaman karena tampak retak dan gatal-gatal. Untuk menghindarinya memerlukan penggunaan pelembab dan masker alami serta menjaga konsumsi air putih agar kelembapan kulit terjaga.

    Ciri-ciri kulit kering adalah: Tekstur kulit kasar dan kaku sebelum maupun sesudah dibersihkan, ukuran pori-pori kecil tanpa kelembapan yang cukup, tanda-tanda penuaan cepat terlihat, kulit terasa kering saat disentuh, kulit terasa kencang setelah mencuci wajah. Namun, di siang hari, kulit terlihat mengering dan muncul serpihan putih yang tipis.

    4. Kulit Kombinasi
    Kulit kombinasi merupakan gabungan jenis kulit kering dan berminyak. Jenis kulti ini paling banyak dimiliki wanita. Kondisi kulit berminyak meninggalkan jejak minyak pada area T (hidung, dahi, dagu), tapi bersih kesat pada bagian pipi. Daerah kering, biasanya pada area pipi dan mata.

    Ciri-ciri kulit kombinasi adalah area T berminyak, area pipi, mata, dan leher lebih kering, komedo dan jerawat biasa muncul di daerah T, pori-pori besar terlihat lebih jelas di daerah yang berminyak, daerah pipi biasanya normal, tidak berminyak, dan pori-pori tidak tampak, selain itu sering muncul flek di wajah.

    5. Kulit Sensitif
    Jenis kulit sensitive memerlukan perhatian yang sangat serius karena mudah menunjukkan reaksi seperti perubahan cuaca yang ekstrem, penggunaan kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimiam paparan sinar matahari, dan pemicu lain yang dapat menimbulkan iritasi kulit. Kunjungi dokter terdekat untuk memiliki perawatan yang lebih intens.

    Ciri-ciri kulit sensitive biasanya berwarna kemerahan, gatal, dan meninggalkan noda. Selain itu, mudah alergi, saluran darah terlihat jelas, dan sesekali jerawat muncul.
    Komentar

    Tampilkan

    Perawatan Wajah