• Jelajahi

    Copyright © Blog Dika
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Langkah-Langkah Melakukan Facial di Rumah

    Sunday, September 16, 2018, September 16, 2018 WIB Last Updated 2018-09-16T23:46:52Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Sebagian besar wanita melakukan perawatan facial di salon. Akan tetapi, sebenarnya facial bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain hemat biaya, persiapannya juga tidak sulit, cocok untuk semua jenis kulit baik berminyak, kering, atau kombinasi. Kita juga dapat mengatur waktu sendiri.

    Cukup luangkan waktu sekitar 25-30 menit. Fungsi utama facial adalah membersihkan dan menyegarkan kulit. Proses facial terdiri atas pembersih wajah, penyegaran, pemijatan, pengelupasan, penguapan, pemakaian masker, dan penyegaran, serta proses pelembapan wajah.

    Berikut persiapan dan langkah-langkah facial untuk wajah sendiri yang dapat dilakukan di rumah.

    1. Persiapan
    Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti: sabun wajah, toner, peeling cream atau scrub, massage cream, masker (buatan atau instan), moisturizer (pelembap), dan semua itu harus sesuai dengan jenis kulit wajah kita.

    Alat-alat yang diperlukan: bandana atau penutup kepala (untuk melindungi rambut agar tidak terurai ke wajah), kapas, handuk lembut, mangkuk besar, air hangat, kuas khusus wajah yang lembut, handuk lembut, kapas, dan air hangat.

    2. Pembersihan Wajah
    Bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin. Tujuannya sebagai langkah awal untuk mengangkat kotoran di wajah. Kemudian bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

    3. Pengelupasan
    Proses ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Oleskan scrub atau feeling cream pada wajah dan leher dengan merata. Pijat lembut wajah kita dengan gerakan melingkar agar sel kulit mati dan kotoran terangkat.

    Hindari area bibir dan mata. Lakukan hal ini dengan perlahan lebih kurang 15 menit. Diamkan hingga mengering. Bersihkan dengan handuk hangat hingga bersih.

    4. Pemijatan atau Proses Relaksasi
    Tujuan proses ini untuk merelaksasikan wajah agar peredaran darah di wajah menjadi lancar. Lakukan pemijatan lembut secara perlahan pada wajah menggunakan massage cream. Kemudian basuhlah dengan handuk hangat.

    5. Penguapan
    Kompreslah wajah menggunakan air hangat. Gunakan handuk kecil lembut yang sudah dicelupkan terlebih dahulu ke air hangat, lalu tempelkan pada wajah. Hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori pada wajah.

    6. Pengencangan
    Gunakan masker yang sesuai jenis kulit pada wajah. Oleskan dengan merata pada leher dan wajah menggunakan kuas khusus yang mempunyai bulu halus. Diamkan selama 10-15 menit.

    Kemudian bersihkan wajah dan leher dengan air hangat-hangat kuku, setelah itu keringkan menggunakan handuk lembut. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan dan menutrisi kulit wajah.

    7. Penyegaran
    Pada tahap ini dilakukan mendinginkan dan membersihkan kesegaran pada kulit wajah. Usapkan wajah dengan toner sesuai dengan jenis kulit.

    8. Pelembap
    Proses terakhir, dengan memberikan pelembap pada kulit. Hal ini dilakukan untuk menjaga kulit. Jika akan beraktivitas ke luar rumah, oleskan sunscreen gel dengan perlindungan SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

    Sebaiknya jangan melakukan facial terlalu sering karena kulit akan mudah sensitive dan menjadi tipis. Lakukan facial sebulan sekali terutama jika wajah kita terlihat kusam dan banyak komedo.
    Komentar

    Tampilkan

    Perawatan Wajah