• Jelajahi

    Copyright © Blog Dika
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kenali Menstruasi dan Siklusnya

    Thursday, July 26, 2018, July 26, 2018 WIB Last Updated 2018-07-27T06:30:22Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Menstruasi merupakan perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Siklus ini merupakan siklus bulanan yang alamiah terjadi untuk wanita yang sehat.

    Proses menstruasi yang terjadi ditandai dengan luruhnya dinding rahim (endometrium) yang diikuti dengan pendarahan. Pada umumnya proses ini tidak terjadi pada ibu hamil.

    Jika terjadi menstruasi artinya rahim telah siap untuk dibuahi. Darah menstruasi mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim dan keluar dari tubuh melalui organ intim.

    Siklus menstruasi bervariasi untuk setiap wanita. Hampir 90% wanita memiliki siklus haid 25-35 hari dan sekitar 10-15% wanita memiliki siklus haid 28 hari. Sebuah siklus haid dihitung dari hari pertama untuk hari pertama periode berikutnya. Siklus dapat berkisar dari 21 hingga 35 hari pada orang dewasa dan dari 21 hingga 45 hari pada remaja awal.

    Akan tetapi, beberapa wanita memiliki siklus yang tidak teratur dan dapat menjadi indikasi adanya masalah kesuburan.

    Jumlah darah haid normal yang keluar berkisar antara 20-80 cc. Jika dihitung dari pemakaian pembalut rata-rata maka sekitar 3 hingga 4 kali berganti pembalut perhari.

    Menstruasi merupakan siklus yang berulang-ulang pada organ reproduksi wanita. Menstruasi normal berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Siklus menstruasi menyiapkan bahan kimia tubuh alami yang penting untuk membuat tubuh sehat yakni hormone.

    Naik turunnya kadar hormon selama satu bulan mengontrol siklus menstruasi. Sebagian wanita mengalami haid lebih awal pada usia 8 tahun dan lebih lambat pada usia 18 tahun. Sekitar usia 40-50 tahun, haid berhenti yang dikenal dengan masa menopause.
    Komentar

    Tampilkan

    Perawatan Wajah